3.7 Menganalisis dan Menginterpretasikan Data serta Menindaklanjuti PTK


Soal dan Latihan 3.7 Menganalisis dan Menginterpretasikan Data serta Menindaklanjuti PTK | Pintar Kemenag PTK


1 dari 10 soal

Teknis Analisis data kuantitatif dalam Penelitian Tindakan Kelas dapat dilakukan dengan menggunakan cara …

A modus, median, rerata, dan prosentase

B modus, median, rerata, dan kuartil

C median, rerata, prosentase, korelasi

D rerata, prosentase modus, deskripsi


2 dari 10 soal

Perhatikan Gambar berikut:

Bersadarkan gambar di atas, pernyataan yang benar adalah:

A Pengolahan data hasil wawancara dari 4 orang responden dengan 6 komponen dan 14 butir panduan wawancara.

B Pengolahan data hasil wawancara dari 6 orang responden dengan 4 komponen dan 14 butir panduan wawancara.

C Pengolahan data hasil wawancara dari 4 orang responden dengan 14 komponen dan 6 butir panduan wawancara.

D Pengolahan data hasil wawancara dari 6 orang responden dengan 14 komponen dan 4 butir panduan wawancara.


3 dari 10 soal

Dalam penyajian data bentuk tabel hasil Penelitian Tindakan Kelas, Perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut, kecuali:

A Catatan Pendahuluan, Badan tabel, sumber tabel

B Judul tabel, Catatn Pendahuluan, catatan kaki dan sumber tabel

C Nomor Tabel. Catatan Pendahuluan, Badan tabel, catatan kaki

D Bentuk tabel, Catatan data, Isi tabel, catatan penelitian


4 dari 10 soal

Hasil analisis Data penelitian Penelitian Tindakan Kelas dapat disajikan sebagai berikut, kecuali:

A Bentuk tabel, bentuk grafik dan diagram

B Bentuk lisan, bentuk tabel, dan diagram

C Bentuk tulisan, bentuk grafik dan diagram

D Bentuk tulisan, bentuk tabel, bentuk grafik


Baca Juga :

3.3 Langkah-Langkah Penelitian Tindakan Kelas | Pintar Kemenag PTK

3.4 Merancang Penelitian Tindakan Kelas | Pintar Kemenag PTK

3.6 Perbaikan dalam Pembelajaran Penelitian Tindakan Kelas | Pintar Kemenag PTK


5 dari 10 soal

Perhatikan diagram di bawah ini!

Berdasarkan Diagram di atas, data hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut:

A Rata-rata peningkatan nilai siswa sebesar 25

B Rata-rata nilai siklus 2 (S-2) sebesar

C Rata-rata peningatan nilai siswa sebesar 36

D Rata-rata nilai siklus 1 (S-1) sebesar


6 dari 10 soal

Proses mengelompokan, melihat keterkaitan, membuat perbandingan, persamaan, perbedaan data dan membuat model data sehingga menemukan informasi yang bermanfaat yang dapat memberikan petunjuk untuk mengambil keputusan terhadap sebuah penelitian merupakan pengertian…

A Analisis data hasil penelitian

B Interpretasi data hasil penelitian

C Teknik pengolahan data hasil penelitian

D Sintesis data hasil penelitian


7 dari 10 soal

Grafik yang dapat digunakan untuk mengadakan perbandingan beberapa variable dalam waktu dan tempat yang sama atau satu variable dalam waktu dan tempat yang berbeda dinamakan….

A Poligon frekuensi

B Diagram lingkaran

C Grafik Batang

D Histogram


8 dari 10 soal

Berdasarkan jenis data, Data hasil PTK dapat diolah dengan menggunakan dua teknik yaitu:

A Teknik pengolahan Data kuantitatif dan narasi kualitatif

B Teknik pengolahan Data Deskriptif dan kuantitatif

C Teknik pengolahan Data kualitatif dan Deskriptif

D Teknik pengolahan Data kualitatif dan kuantitatif


9 dari 10 soal

Pernyataan berikut ini yang merupakan pengertian teknik pengolahan data adalah

A suatu metode atau cara untuk konversi data menjadi bentuk yang dapat digunakan dan diinginkan

B Menganalisis data sesuai dengan skala prioritas kebutuhan peneliti

C Mengumpulkan data dari responden dengan menggunakan instrumen

D Menggunakan urutan operasi yang telah ditentukan secara manual


10 dari 10 soal

Penarikan penyimpulan hasil Penelitian Tindakan Kelas dapat dilakukan berdasarkan hal berikut, kecuali :

A Interpretasi data hasil penelitian dan hasil seminar penelitian

B Hipotesis tindakan dan Analisis data hasil penelitian

C Analisis data hasil penelitian dan Interpretasi data hasil penelitian

D Hipotesis tindakan dan Interpretasi data hasil penelitian


Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Pintar Kemenag 2023

3.1 Konsep Penelitian Tindakan Kelas

3.2 Pengayaan Konsep Penelitian Tindakan Kelas

3.3 Langkah-Langkah Penelitian Tindakan Kelas

3.4 Merancang Penelitian Tindakan Kelas

3.5 Pengayaan Merancang Penelitian Tindakan Kelas

3.6 Perbaikan dalam Pembelajaran Penelitian Tindakan Kelas

3.7 Menganalisis dan Menginterpretasikan Data serta Menindaklanjuti PTK

3.8 Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas

BONUS : Laporan Diklat MOOC Penelitian Tindakan Kelas

2 thoughts on “3.7 Menganalisis dan Menginterpretasikan Data serta Menindaklanjuti PTK | Pintar Kemenag PTK”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *