3.3 Langkah-Langkah Penelitian Tindakan Kelas

LANGKAH-LANGKAH  PENELITIAN TINDAKAN  KELAS (PTK)

Siklus/Daur dari PTK

MERENCANAKAN

IDENTIFIKASI MASALAH

FOKUS PTK

ANALISIS & PERUMUSAN  MASALAH

PERUMUSAN MASALAH

MERENCANAKAN PERBAIKAN

MELAKSANAKATINDAKAN

LANGKAH-LANGKAH PENYIAPAN TINDAKAN

PERENCANAAN PELAKSANAAN  TINDAKAN

PERENCANAAN PELAKSANAAN TINDAKAN

INSTUMEN PTK

PELAKSANAAN TINDAKAN

Jika semua perencanaan tindakan telah disiapkan,  maka langkah selanjutnya adalah:

PELAKSANAAN TINDAKAN

3.Obaservasi/Pengamatan

a.Pengamatan  ini  berfungsi  untuk  melihat  dan  mendokumentasikan  pengaruh-

pengaruh yang diakibatkan oleh pengamatan ini

b.merupakan dasar dilakukannya refleksi sehingga tindakan dalam kelas pengamatan  yang dilakukan harus dapat menceritakan keadaan yang sesungguhnya.

c. Dalam pengamatan, hal-hal yang perlu dicatat oleh peneliti adalah:

§proses dari tindakan,

§efek-efek tindakan,

§lingkungan dan hambatan-hambatan yang muncul.

OBSERVASI

PENGUMPULAN DATA

HASIL PENGUMPULAN  DATA (OBSERVASI)

ANALISIS DATA

ANALISIS DATA

REFLEKSI

REFLEKSI (ANALISIS  DAN INTERPRETASI


Soal dan Latihan Langkah-Langkah Penelitian Tindakan Kelas | Pintar Kemenag PTK


1 dari 10 soal

Pelaksanaan pengamatan (observasi) tindakan ada beberap hal yang wajib dicatat, yaitu….

A Proses tindakan, proses aktivitas peserta didik

B Proses pembelajaran aktif dan dampak positif pembelajaran

C Proses dari tindakan, efek-efek tindakan, lingkungan dan hambatan yang muncul

D Proses pembelajaran, dampak pembelajaran, dan kendala yang harus diatasi

E Proses dari pembelajaran, kegiatan guru, kegiatan peserta didik, dan hasil belajar


2 dari 10 soal

Merencanakan tindakan perbaikan, guru perlu membuat rencana tindakan yang didasarkan pada hal-hal yang akan dilaksanakan, dibawah ini yang bukan termasuk cakupan merencanakan tindakan adalah…

A Fokus/rumusan masalah

B Latar belakang masalah

C Rencana tindakan

D Hipotesi tindakan jika diperlukan

E Perencanaan pembelajaran


3 dari 10 soal

Kegiatan observasi tindakan menggunakan instrument pengamatan yang mencakup tiga instrument yang diantaranya untuk mengamati kondisi kelas yang diamati oleh guru yang bersangkutan. Pengamatan kondisi kelas mencakup beberapa hal diantaranya, sebagai berikut…

A Penerapan metode oleh guru

B Kegiatan belajar mengajar

C Keterampilan guru dalam menciptakan pembelajaran aktif

D Suasana kelas yang menyenangkan

E Keaktifan siswa, penugasan, suasana belajar siswa


4 dari 10 soal

Kegiatan refleksi mencakup beberapa hal, dibawah ini merupakan  salah satu kegiatan refleksi, yaitu ….

A Menguji hipotesis statistik

B Analisis, sistesis, penafsiran (penginterpretasian) data

C Menganalisis tindakan yang belum berhasil saja

D Merekap data hasil wawancara

E Merekap data hasil observasi


5 dari 10 soal

Teknik pengumpulan data dalam PTK menggunakan observasi, wawancara, angket, dan catatan harian, kemudian dianalisis yang dikelompokan menjadi dua, yaitu….

A Data berupa angka dan prosentase

B Data kualitatif

C Data kuantitatif dan kualitatif

D Data kuantitatif

E Data naratif/deskriptif


6 dari 10 soal

Upaya untuk mengkaji apa yang telah terjadi dan/atau tidak terjadi, apa yang telah dihasilkan atau yang belum berhasil dituntaskan dengan tindakan perbaikan yang telah dilakukan, disebut….

A Tindak lanjut

B Observasi

C Perencanaan

D Tindakan

E Refleksi


7 dari 10 soal

Perhatikan pernyataan di bawah ini :

  1. Perencanaan tindakan
  2. Pelaksanaan tindakan
  3. Perencanaan/ rumusan masalah
  4. Pengumpulan data
  5. Pengumpulan tindakan
  6. Analsis dan interprestasi

Pernyataan tersebut merupakan cakupan langkah-langkah tindakan, yaitu….

A (2), (3), (4), (5)

B (1), (3), (4), (6)

C (1), (4), (5), (6)

D (2), (3), (5), (6)

E (1), (2), (3), (4)


Baca juga : 3.1 Konsep Penelitian Tindakan Kelas | Pintar Kemenag PTK


8 dari 10 soal

Instrumen hasil tindakan, dapat berupa soal yang berkaitan dengan materi yang diajarkan dan dapat dilaksanakn melalui ulangan harian/postest/atau rubrik penugasan. Instrumen ini dilakukan oleh guru yang bersangkutan adalah untuk mengukur…

A Keberhasilan pengamatan

B Keberhasilan tindakan

C Keberhasilan perencanaan

D Keberhasilan guru mengajar

E Hasil refleksi


9 dari 10 soal

Di bawah ini yang bukan termasuk langkah-langkah persiapan tindakan adalah:

A Membuat perangkat dan skenario pembelajaran

B Menentukan media yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan

C Menentukan metode yang akan diterapkan yang sesuai kebutuhan setiap peserta didik

D Bentuk-bentuk kegiatan yang dilakukan siswa dalam rangka implementasi tindakan perbaikan yang telah direncanakan

E Langkah-langkah yang dilakukan guru


10 dari 10 soal

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan penelitian untuk mengatasi permasalahan atau perbaikan pembelajaran di kelas, oleh karena itu diperlukan langkah-langkah yang sistematis, yaitu….

A Observasi tindakan, merencakan tindakan, melaksanakan tindakan dan refleksi

B Merencanakan, observasi, melaksanakan tindakan, dan refleksi tindakan

C Merencanakan tindakan, melaksanakan tindakan dan refleksi tindakan

D Merencanakan, melaksanakan tindakan, observasi dan refleksi

E Observasi, melaksanakan tindakan, refkeksi dan merencanakan ulang


Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Pintar Kemenag 2023

3.1 Konsep Penelitian Tindakan Kelas

3.2 Pengayaan Konsep Penelitian Tindakan Kelas

3.3 Langkah-Langkah Penelitian Tindakan Kelas

3.4 Merancang Penelitian Tindakan Kelas

3.5 Pengayaan Merancang Penelitian Tindakan Kelas

3.6 Perbaikan dalam Pembelajaran Penelitian Tindakan Kelas

3.7 Menganalisis dan Menginterpretasikan Data serta Menindaklanjuti PTK

3.8 Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas

7 thoughts on “3.3 Langkah-Langkah Penelitian Tindakan Kelas | Pintar Kemenag PTK”

Leave a Reply to 3.7 Menganalisis dan Menginterpretasikan Data serta Menindaklanjuti PTK | Pintar Kemenag PTK - Hadisan Channel Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *