Implementasi Kurikulum Merdeka – PINTAR KEMENAG 2023

Materi Perubahan Paradigma Pendidikan Madrasah disampaikan oleh IMAM BUKHORI sebagai Tim pengembang kurikulum merdeka. adapun materi yang disampaikan dapat disimak dalam slide PPT berikut ini

Teknik Coaching dan Mentoring

Soal Latihan dan Pembahasan


1 dari 10 soal

“Dalam pelaksanaan rencana aksi ini, siapa saja yang anda anggap bisa membantu anda mewujudkannya?

Pertanyaan ini dalam alur TIRTA terdapat pada tahap….

A Tanggung Jawab

B Identifikasi

C Tujuan

D Rencana Aksi


2 dari 10 soal

Pak Dudung: Ok, Bu Dian…dari beberapa hal yang sudah kamu utarakan, bisa Ibu sampaikan dalam dua atau tiga kalimat kesimpulan?””

Bu Dian: “Hari ini saya sudah dapat beberapa solusi, untuk bisa mengaturulang jadwal saya. Saya akan meminta dukungan kepala madrasah untuk bisa memberikan jadwal yang lebih fleksibel.”

Percakapan ini dalam alur TIRTA terdapat pada tahap….

A Tanggung Jawab

B Identifikasi

C Rencana Aksi

D Tujuan


3 dari 10 soal

Salah satu perbedaan dari coach dan mentor dalam melaksanakan perannya adalah sebagai berikut, kecuali:

A Durasi pertemuannya

B Kepakarannya

C Status jabatannya

D Pola komunikasinya


4 dari 10 soal

Pak Ahmad merupakan seorang pengawas yang handal. Pada sebuah pelatihan ia diminta untuk mendampingi beberapa orang guru yang akan mengikuti pelatihan fungsional calon pengawas madrasah selama 3 (tiga) bulan pelatihan. Peran yang tepat untuk Pak Ahmad adalah:

A Trainer

B Konselor

C Coach

D Mentor


5 dari 10 soal

“Nah, kalau demikian adakah gagasan apa untuk pemecahan masalah yang anda hadapi? Coba anda sampaikan.”

Percakapan ini dalam alur TIRTA terdapat pada tahap….

A Tujuan

B Rencana Aksi

C Identifikasi

D Tanggung Jawab


Baca juga : Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka – PINTAR KEMENAG 2023


6 dari 10 soal

“Baik Bu Nanan dari beberapa alternatif yang sudah ibu sampaikan tadi, apa tindaklanjut yang ibu dilakukan setelah sesi ini dan berapa lama target waktunya?”

Pertanyaan ini dalam alur TIRTA terdapat pada tahap….

A Tanggung Jawab

B Rencana Aksi

C Tujuan

D Identifikasi


7 dari 10 soal

“Hari ini kita akan diskusi sekitar 30 menit ya, Nah untuk itu saya ingin memastikan apa yang ingin Bapak diskusikan dengan saya?”

Pertanyaan ini dalam alur TIRTA terdapat pada tahap….

A Identifikasi

B Tanggung Jawab

C Rencana Aksi

D Tujuan


8 dari 10 soal

Salah satu prinsip dalam coaching adalah mampu memaksimalkan potensi coachee, maka upaya seorang coach adalah:

A Mengawal kegiatan coachee hingga masalah yang dihadapi dapat terselesaikan.

B Membimbing coachee untuk menemukan jati dirinya.

C Mengajukan ide-ide segar dan kreatif pada coachee.

D Melakukan percakapan untuk menggali ide coachee.


Baca Juga : Penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) – PINTAR KEMENAG 2023


9 dari 10 soal

“Nah, jadi kalau anda merasakan ada hal-hal yang belum optimal dalam manajemen waktu sebagai guru, kalau boleh tahu apa yang mempengaruhi hal itu?”

Pertanyaan ini dalam alur TIRTA terdapat pada tahap….

A Tujuan

B Rencana Aksi

C Tanggung jawab

D Identifikasi


10 dari 10 soal

Salah satu kata kunci yang bisa kita ambil dari definisi coaching adalah….

A pengembangan karir

B knowledge sharing

C pendampingan

D optimalisasi potensi


Baca Juga : 

Perubahan Paradigma Pendidikan Madrasah

Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas – PINTAR KEMENAG 2023

Penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) – PINTAR KEMENAG 2023

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’alamin (P5 PPRA) – PINTAR KEMENAG 2023

Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka – PINTAR KEMENAG 2023

One thought on “Teknik Coaching dan Mentoring – Implementasi Kurikulum Merdeka”

Leave a Reply to Ariful Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *