Modul Pelatihan

Section 1 : PENDAHULUAN

1.1 Selamat Datang di MOOC

1.2 Filosofi dan Landasan Kurikulum Merdeka pada Madrasah

  • Tata tertib diklat
  • Hak dan kewajiban peserta diklat
  • Tahapan-tahapan kegiatan diklat
  • Proses penilaian dan kelulusan atau ketuntasan diklat; dan
  • Target output pelatihan

1.3 Sistem Pelatihan dan Pengembangan SDM Kementerian Agama

  • Urgensi pelatihan dalam pengembangan kompetens
  • Diversifikasi/jenis-jenis penyelenggaraan pelatihan
  • Penjaminan dan peningkatan mutu Pelatihan Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan

Section 2 : KELOMPOK DASAR

2.1 Moderasi Beragama dan Pembangunan Nasional

  • Moderasi Beragama dalam RPJMN 2020- 2024
  • Renstra Kementerian Agama
  • Program Moderasi Beragama pada Kementerian Agama
  • Peta Jalan moderasi beragama

2.2 Kebijakan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah & Kemitraan dan Sumber-Sumber Belajar

  • Implementasi Kurikuum Madrasah (IKM)
  • Pengembangan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM)
  • Pembelajaran Penilaian dan Assesmen (PPA)
  • Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajara Rahmatan Lil Alamin ( P5 PPRA)
  • Pengembangan dan Contoh Modul Ajar Mata Pelajaran.

Section 3 : MATERI INTI

3.1 Perubahan Paradigma Pendidikan Madrasah – part 1

3.2 Perubahan Paradigma Pendidikan Madrasah – part 2

3.3 Perubahan Paradigma Pendidikan Madrasah – part 3

3.4 Perubahan Paradigma Pendidikan Madrasah – part 4

3.5 Perubahan Paradigma Pendidikan Madrasah – part 5

3.6 Pembelajaran Berdiferensiasi (Pengelolaan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka) – part 1

3.7 Pembelajaran Berdiferensiasi (Pengelolaan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka) – part 2

3.8 Pembelajaran Berdiferensiasi (Pengelolaan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka) – part 3

3.9 Pembelajaran Berdiferensiasi (Pengelolaan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka) – part 4

3.10 Pembelajaran Berdiferensiasi (Pengelolaan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka) – part 5

3.11 Pembelajaran Berdiferensiasi (Pengelolaan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka) – part 6

3.12 Pembelajaran Berdiferensiasi (Pengelolaan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka) – part 7

3.13 Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka – part 1

3.14 Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka – part 2

3.15 Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka- part 3

3.16 Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka – part 4

3.17 Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka – part 5

3.18 Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’alamin (P5 PPRA) – part 1

3.19 Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’alamin (P5 PPRA) – part 2

3.20 Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’alamin (P5 PPRA) – part 3

3.21 Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’alamin (P5 PPRA) – part 4

3.22 Penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) – part 1

3.23 Penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) – part 2

3.24 Penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) – part 3

3.25 Penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) – part 4

3.26 Penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) – part 5

Adapun Soal dan Kunci Post Tes tiap materi inti terbagi menjadi 5 yaitu

  1. Perubahan Paradigma Pendidikan Madrasah
  2. Pembelajaran Berdiferensiasi (Pengelolaan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka)
  3. Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka
  4. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’alamin (P5 PPRA)
  5. Penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM)
2 thoughts on “Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas – PINTAR KEMENAG 2023”

Leave a Reply to Teknik Coaching dan Mentoring - Implementasi Kurikulum Merdeka - Hadisan Channel Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *