Modul Pelatihan
Section 1 : PENDAHULUAN
1.1 Selamat Datang di MOOC
1.2 Filosofi dan Landasan Kurikulum Merdeka pada Madrasah
- Tata tertib diklat
- Hak dan kewajiban peserta diklat
- Tahapan-tahapan kegiatan diklat
- Proses penilaian dan kelulusan atau ketuntasan diklat; dan
- Target output pelatihan
1.3 Sistem Pelatihan dan Pengembangan SDM Kementerian Agama
- Urgensi pelatihan dalam pengembangan kompetens
- Diversifikasi/jenis-jenis penyelenggaraan pelatihan
- Penjaminan dan peningkatan mutu Pelatihan Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan
Section 2 : KELOMPOK DASAR
2.1 Moderasi Beragama dan Pembangunan Nasional
- Moderasi Beragama dalam RPJMN 2020- 2024
- Renstra Kementerian Agama
- Program Moderasi Beragama pada Kementerian Agama
- Peta Jalan moderasi beragama
2.2 Kebijakan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah & Kemitraan dan Sumber-Sumber Belajar
- Implementasi Kurikuum Madrasah (IKM)
- Pengembangan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM)
- Pembelajaran Penilaian dan Assesmen (PPA)
- Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajara Rahmatan Lil Alamin ( P5 PPRA)
- Pengembangan dan Contoh Modul Ajar Mata Pelajaran.
Section 3 : MATERI INTI
3.1 Perubahan Paradigma Pendidikan Madrasah – part 1
3.2 Perubahan Paradigma Pendidikan Madrasah – part 2
3.3 Perubahan Paradigma Pendidikan Madrasah – part 3
3.4 Perubahan Paradigma Pendidikan Madrasah – part 4
3.5 Perubahan Paradigma Pendidikan Madrasah – part 5
3.6 Pembelajaran Berdiferensiasi (Pengelolaan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka) – part 1
3.7 Pembelajaran Berdiferensiasi (Pengelolaan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka) – part 2
3.8 Pembelajaran Berdiferensiasi (Pengelolaan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka) – part 3
3.9 Pembelajaran Berdiferensiasi (Pengelolaan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka) – part 4
3.10 Pembelajaran Berdiferensiasi (Pengelolaan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka) – part 5
3.11 Pembelajaran Berdiferensiasi (Pengelolaan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka) – part 6
3.12 Pembelajaran Berdiferensiasi (Pengelolaan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka) – part 7
3.13 Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka – part 1
3.14 Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka – part 2
3.15 Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka- part 3
3.16 Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka – part 4
3.17 Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka – part 5
3.18 Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’alamin (P5 PPRA) – part 1
3.19 Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’alamin (P5 PPRA) – part 2
3.20 Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’alamin (P5 PPRA) – part 3
3.21 Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’alamin (P5 PPRA) – part 4
3.22 Penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) – part 1
3.23 Penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) – part 2
3.24 Penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) – part 3
3.25 Penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) – part 4
3.26 Penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) – part 5
Adapun Soal dan Kunci Post Tes tiap materi inti terbagi menjadi 5 yaitu
- Perubahan Paradigma Pendidikan Madrasah
- Pembelajaran Berdiferensiasi (Pengelolaan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka)
- Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka
- Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’alamin (P5 PPRA)
- Penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM)


[…] Implementasi Kurikulum Merdeka – PINTAR KEMENAG 2023 […]
[…] Implementasi Kurikulum Merdeka – PINTAR KEMENAG 2023 […]